Blackberry Ogah ke Tiongkok

CEO Blackberry, John Chen
CEO Blackberry, John Chen
VIVAnews - Chief Executive Officer (CEO) BlackBerry, John Chen, mengatakan Asia merupakan pangsa pasar yang menggiurkan bagi para vendor untuk 'saling sikut' menjadi penguasa di dalamnya.
Begitu juga, bagi BlackBerry yang ingin menjadikan Asia sebagai kuda tunggangan, mengembalikan kejayaan vendor asal Kanada tersebut.

Namun, Chen menyatakan perusahaannya tidak menyasar pasar Tiongkok. Menurutnya, ada sedikit kekhawatiran atas keamanan informasi serta reaksi politk bila melanggar peraturan di negeri Tirai Bambu itu. Hal itu, akan berdampak pada meredupnya daya tarik BlackBery di mata dunia.

"Saya tidak ingin terjebak dalam arus politik (di Tiongkok)," ungkapnya yang menghadiri Forum Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), seperti kutip dari laman Reuters, Sabtu 14 November 2014.

Ia mengungkapkan bahwa BlackBerry lebih tertarik untuk mengembangkan pasar di India dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

"Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menambahkan (market share) dalam ukuran wajar (di Tiongkok)," jelas Chen.

Pernyataan Chen ini, berbanding terbalik dengan ungkapan dia sebelumnya bulan lalu. Dia mengatakan, Tiongkok merupakan pasar yang begitu besar untuk diabaikan oleh sebuah vendor untuk agresif meluncurkan produk-produknya.

Bos BlackBerry tersebut, mengatakan perusahaannya akan terbuka untuk menjalin kemitraan bersama perusahaan di Asia. Hal ini menjadi sinyal, di mana rumor beberapa pekan terakhir, Lenovo Group Ltd akan melakukan akuisisi terhadap saham BlackBerry yang mengalami fluktuatif.

Selama kunjungannya di negeri Tirai Bambu itu, Chen melakukan sejumlah pertemuan seperti dengan pejabat pemerintahan Tiongkok, investor, operator telekomunikasi di Beijing. Selain itu, ia mengadakan pertemuan informasl dengan para petinggi Xiaomi, HTC, dan Lenovo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
16 November 2014 pukul 02.36 delete

Postingan Saya Sangat Luar Biasa

Reply
avatar

TERIMA KASIH SUDAH MENIGGALKAN JEJAK ANDA DENGAN BERKOMENTAR