Politisi PDIP Minta Jokowi Copot Menteri Rini

Rini M Soemarno
Rini M Soemarno

VIVAnews - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon mendesak Presiden Joko Widodo agar mencopot Rini Soemarno dari jabatan menteri BUMN. 
"Ganti saja itu (Rini) dengan Susi biar merangkap jadi menteri BUMN," kata dia di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu 15 November 2014. Susi yang dimaksud Effendi adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti.

Mengapa Susi? Effendi punya alasan. Dia pernah mengatakan bahwa pemilik Susi Air ini punya rasa nasionalisme yang tinggi. Hal ini terlihat dari permintaan Susi kepada Presiden Jokowi supaya Indonesia keluar dari G-20.

Seperti yang diketahui, beberapa hari yang lalu, Susi sempat melontarkan pernyataan yang mendesak Jokowi agar keluar dari G-20. Pasalnya, G-20 dinilai merugikan perikanan Indonesia.

"Kalau jiwa dia (Susi) di sektor migas, hari ini energi kita berdaulat. Kalau pejabat publiknya tak punya komitmen, ya, untuk apa?" kata dia.

Effendi menilai sebaiknya Rini diganti. Pasalnya, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Megawati ini dinilai mengambil alih kewenangan Presiden dalam menentukan 25 perusahaan pelat merah strategis, seperti Pertamina.
"Saya sekali lagi, ya, mengatakan, Rininya yang di-reshuffle,bukan dirut Pertamina. Dia sendiri yang mereduksi pemerintahan Jokowi. Dia coba menempatkan nama," kata Effendi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

TERIMA KASIH SUDAH MENIGGALKAN JEJAK ANDA DENGAN BERKOMENTAR